Sehat ala Timur

[addthis tool="addthis_inline_share_toolbox_tw0n"]

Sehat ala Timur – Organ Lambung

Fungsi lambung sangat penting dalam proses pencernaan. Lambung memiliki 3 fungsi utama, yaitu menampung, menghancurkan, dan menyalurkan makanan. Menampung, maksudnya menerima dan menampung makanan. Menghancurkan, maksudnya melakukan proses pencernaan tahap awal. Menyalurkan, maksudnya membawa makanan yang sudah dicerna turun ke bawah.

Lambung dan limpa saling berkaitan.Karena lambung bertugas menampung, limpa bertugas mengatur perubahan dan peredaran. Dalam makanan juga ada terbagi menjadi 5 rasa, yaitu asam, pahit, manis, pedas, dan asin. Lima rasa ini memiliki dampak masing-masing terhadap lima organ Zang. Dalam proses pencernaan, makanan akan terus diproses turun ke bawah.

Namun, apabila proses pencernaan tidak berjalan lancar, malah akan terjadi refluks asam lambung atau asam lambung naik. Ini karena beban lambung terlalu berat, sehingga asam lambung diproduksi secara berlebih.Hal ini bisa dihindarkan apabila menjaga keseimbangan makanan, waktu makan dan istirahat yang teratur, serta bisa dibantu dengan menekan titik akupuntur.

Recomendation