Sehat ala Timur

[addthis tool="addthis_inline_share_toolbox_tw0n"]

Sehat ala Timur – Kandung Kemih

Pada episode ini, membahas tentang salah satu organ Fu, yaitu kandung kemih. Melalui ketebalan kulit luar kira-kira dapat diketahui kondisi kandung kemih. Namun, hal ini belum seratus persen pasti, masih harus mempertimbangkan faktor lain. Kandung kemih adalah organ yang berfungsi untuk menampung urine. Kandung kemih juga saling berkaitan dengan ginjal. Karena ginjal akan menyaring zat-zat yang ada dalam darah.

Jika zat baik akan diserap, sedangkan zat sisa akan dibuang ke kandung kemih. Jadi, jika salah satu fungsi dari 2 organ ini bermasalah, maka akan memengaruhi organ yang satunya. Menahan membuang air kecil juga bisa menyebabkan penyakit, misalnya infeksi saluran kemih dan radang ginjal. Gejala-gejala yang bisa terjadi saat ada masalah pada kandung kemih adalah buang air kecil tidak lancar, frekuensi buang air meningkat, terjadi inkontinensia urine, nyeri pinggang dan punggung, kaki kram, kepala bagian belakang sakit, sakit mata, jari kelingking kaki menjadi kaku dan kebas.

Semua hal ini bisa terjadi karena jalur meridian kandung kemih adalah yang terpanjang dan di sisi kanan dan kiri masing-masing ada 67 titik akupunktur.Jalurnya sangat panjang, sehingga sangat mungkin jika daerah yang dilewatinya mengalami masalah. Ada 3 cara untuk menjaga kondisi kandung kemih, yaitu jangan menahan membuang air kecil, banyak minum air, dan bisa melakukan senam Kegel (senam untuk mengencangkan otot panggul bawah dan otot yang mengontrol urine).

Recomendation