Robert bawa ibunya saat lari half maraton | Foto: media sosial @robertsaktisihombing

Robert Sakti Sihombing (40) salah satu peserta lari maraton  yang menarik perhatian karena membawa sang ibu Farid Wijaya (66) selama mengikuti acara Planet Sports Run, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. 

Planet Sport Run diselenggarakan pada 10 Desember 2023 dengan kategori lomba 5K, 10K, dan 21K (half maraton). Acara ini dihadiri lebih dari 3000 peserta dan beberapa publik figur.

Pada ajang tersebut, Robert berhasil menyelesaikan lari maraton sejauh 21 km, sambil mendorong ibunya dengan berat beban 90 kg. 

Selama perlombaan, Robert mendorong ibunya yang berada di kursi roda dari garis start hingga garis finis selama 3 jam 11 menit. Selain acara Planet Sport Run, Robert juga pernah menyelesaikan acara Isoplus RSUI Run dengan jarak 10 km. 

“Aku seneng lari, jadi aku mau berbagi kesenangan dengan mamaku. Aku pengen apa yang membuatku senang, beliau juga bisa merasakannya,” ucap Robert dikutip dari postingan Instagram @runhoodmag, Rabu (31/1/2024).

Ia mengaku, persiapan untuk lari half maraton tidak mudah. Robert melakukan persiapan fisik dan mental dengan cara mengajak sang ibu latihan bersama menempuh jarak 11 km.

Kejadian tidak terduga, seperti ban pecah juga terjadi sebelum kegiatan halfmaraton. Meski demikian, ia dan sang ibu tidak patah semangat dan tetap mengikuti half maraton hingga selesai.

Robert berharap, dirinya dapat mengikuti full maraton bersama dengan ibunya di New York Maraton dengan rute yang lebih rata dan tidak memiliki batas waktu terlama untuk peserta mencapai garis finis (cut off time).

Selain mengikuti lomba lari maraton, ia juga aktif pada media sosialnya untuk mengajak dan menginspirasi masyarakat Indonesia dalam hidup sehat.

“Iya, berat karena dengan beban di atas 90 kg. Sulit? Iya, lumayan karena ada tanjakan dan turunan, tapi dia (ibu) nggak perlu tau seberat dan sesulit apa. Paling penting kursi rodanya maju terus. Majunya bukan karena kita yg terlalu kuat bisa lari sambil mendorong, tapi karena ada doa dia di setiap langkah kita,” tutup Robert dikutip dari salah satu postingan Instagramnya.

 

Penulis: Kerin Chang

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: