Terinspirasi Adat Jawa, Begini Potret Seragam Defile Tim Indonesia di Upacara Pembukaan Olimpiade 2024

 

26 Juli 2024
Seragam defile kontingen Indonesia di opening ceremony Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram.com/timindonesiaofficial)

Seragam defile atau parade arak-arakan kontingen Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 terinspirasi dari adat Jawa. Bagaimana penampilannya?

Menyitat dari media sosial Instagram @timindonesiaofficial, diketahui bahwa seragam defile kontingen Indonesia juga dirancang oleh Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, atau Didit Hediprasetyo yang juga anak dari presiden terpilih Indonesia 2024-2029, Prabowo Subianto.

Selain mendesain seragam delfie, sebelumnya Didit juga merancang jersey kontingen Indonesia yang akan digunakan para atlet untuk bertanding selama Olimpiade paris 2024.

Adapun jadwal Opening Ceremony Olimpiade Paris akan berlangsung di Sungai Seine, Paris, Prancis, pada Jumat (26/7) pukul 19.30 waktu setempat, atau Sabtu (27/7) pukul 00:30 WIB.

Nantinya, kontingen dari setiap negara akan melakukan parade dengan menumpang perahu di sepanjang sungai dari Pont d’Austerlitz ke Pont d’lena.

Nantinya, atlet judo Indonesia, Maryam March Maharani, akan menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam opening ceremony Olimpiade 2024.

Terinspirasi Adat Jawa

Desain tradisional seragam defile kontingen Indonesia, diketahui terinspirasi dari sosok pelukis beraliran Romantisme asal Jawa, yakni Raden Saleh.

Perjalanan Raden Saleh dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19, mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional yang kini menghiasi dinding museum Rijksmuseum dan Louvre.

Didit berharap, desain yang ia rancang sedemikian rupa pada seragam defile kontingen Indonesia, bisa menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa Indonesia.

“Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit disitat dari media sosialnya, Jumat (26/7).

Tidak hanya dari segi estetika, seragam defile ini juga mempertimbangkan kebutuhan para atlet olimpiade.

Seragam ini menawarkan kenyamanan maksimal dan kemudahan bergerak, berkat kain berkualitas tinggi yang dapat bernapas.

Sebagaimana diketahui, Indonesia mengirimkan 29 atlet dari 12 cabang oleharaga untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024.

Di antaranya bulu tangkis, angkat besi, panahan, balap sepeda, rowing, senam, atletik, selancar, judo, menembak, renang, dan panjat tebing.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: