Kembalikan Cincin Berlian ke Pemiliknya, Tunawisma Ini Diberi Imbalan Rp2,9 Miliar

3 Oktober 2024
Billy Ray Harris mengembalikan cincin ke Sarah Darling. (Foto: The Times)

Seorang tunawisma di Kansas City, Billy Ray Harris (66), mengembalikan cicin berlian milik seorang wanita. Atas kejujurannya, Harris mendapat bantuan dana mencapai Rp2,9 miliar dari banyak orang.

Menyitat dari Today.com, Harris mengembalikan cincin berlian yang tidak sengaja terlempar ke gelas yang ia gunakan untuk meminta sumbangan uang di pinggir jalan.

Diketahui, cincin tersebut merupakan milik seorang wanita bernama Sarah Darling yang tinggal di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat.

Darling mengaku, dirinya tidak sengaja menjatuhkan cincin pertunangannya saat ia ingin memberikan uang recehan kepada Harris.

Setelah tersadar bahwa cincinnya tidak ada, Darling pun menelusuri kembali jalannya beberapa hari lalu.

Saat melihat Darling, Harris pun dengan senang hati mengembalikan cincin yang tidak sengaja ia temukan di gelasnya.

(Sarah Darling dan suaminya Bill Krejci)

 

Mengaku Takut Tuhan

Harris mengaku terkejut saat menjumpai cincin berlian di gelas miliknya.

Cincin itu sangat besar, sungguh. Dan pastinya mahal,” ujar Harris dikutip dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Harris mengaku, dirinya sempat tergiur untuk menjual cincin tersebut dengan harga USD 4.000 (sekitar Rp62 juta).

Namun, akhirnya Harris tidak jadi menjual cincinnya dan beberapa hari kemudian ia bertekad untuk mengembalikan cincin tersebut.

Harris menjelaskan, dirinya masih percaya ada kekuatan Yang Maha Kuasa yang mengawasi perbuatannya. Apalagi ia pernah mendapat pendidikan agama di masa mudanya.

Kakek saya seorang pendeta. Ia mengasuhku sejak usia 6 tahun. Pengasuhan kakek adalah berkah dalam hidup saya. Setidaknya saya masih mempertahankan apa yang ia ajarkan. Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa saya bukan orang suci, tetapi saya juga bukan iblis,” ungkap Harris.

(Billy Ray Harris bisa membeli mobil)

 

Mendapat Imbalan Berlipat Ganda

Sebagai bentuk terima kasih, Darling dan suaminya, Bill Krejci, memulai penggalangan dana untuk Harris.

Hasil dari penggalangan dana ini, akan diberikan kepada Harris untuk membantunya mengembalikan kehidupannya ke jalur yang benar.

Kami menetapkan target seribu dolar. Kami menetapkannya karena banyak orang yang telah tersentuh oleh kisah tersebut menyatakan ketertarikannya untuk membantu Billy Ray,” ungkap Harris.

Tidak disangka, dana yang terkumpul jauh lebih banyak daripada yang mereka perkirakan. Hanya dalam waktu tiga bulan, orang-orang telah menyumbangkan lebih dari USD 190.000 (sekitar Rp2,9 miliar asumsi kurs Rp15.407).

Setelah menerima uang tersebut, kehidupan Harris pun berubah. Harris bahkan menyewa jasa pengacara yang membantunya menaruh uang tersebut dalam sebuah perwalian.

Sejak saat itu, Harris mampu membeli mobil dan bahkan menaruh uangnya untuk membeli rumah yang kemudian ia perbaiki sendiri.

 

Menemukan Anggota Keluarga yang Hilang

Kisah Harris pun menyita perhatian banyak orang, sehingga ia banyak muncul di TV. Setelah kemunculannya di TV, anggota keluarga Harris yang tidak dapat menemukannya selama 16 tahun akhirnya dapat melacak lokasinya.

Mereka pun dipertemukan kembali dan Harris sekarang sedang memperbaiki hubungannya dengan mereka, termasuk keponakan-keponakan yang sebelumnya tidak ia ketahui keberadaannya.

Ketika saya memikirkan masa lalu, saya berpikir, terima kasih Tuhan, itu sudah berakhir. Maksud saya, saya merasa menjadi manusia lagi sekarang. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya. Saya ingin mereka melihat ke mana arah dari semua usaha, berkat, dan kebaikan mereka,” jelas Harris.

Tidak hanya itu, Krejci dan Darling pun menjadikan Harris teman baik mereka setelah kejadian itu berakhir.

Secara keseluruhan, hal ini membuat saya merasa senang. Banyak orang berkumpul untuk mengubah hidup orang ini, padahal dia adalah seseorang yang benar-benar layak mendapatkannya,” tutup Darling.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: