Sehat ala Timur

[addthis tool="addthis_inline_share_toolbox_tw0n"]

Sehat ala Timur – Metode Observasi

Di dalam sejarah terdapat banyak kisah tabib agung dalam memeriksa penyakit. Hanya melihat dengan mata dan ditanya-tanya, sepertinya sinse tersebut telah mengetahui penyakit dalam seluruh organ vital kita. Seperti Bian Que hanya melihat rona wajah Adipati Huan dari Negeri Qi, langsung bisa mengetahui gejala penyakitnya. Kemampuan tersebut disebut metode observasi, merupakan salah satu cara untuk melakukan diagnosis.

Ada 4 metode diagnosis dalam pengobatan tradisional Tionghoa (TCM), yakni observasi, mencium/mendengar, bertanya, dan meraba. Hal yang perlu diperhatikan dalam metode observasi adalah observasi emosi, warna, bentuk, dan perilaku. Selain itu, sinse juga sering melakukan observasi terhadap lidah.

Kondisi dalam tubuh dapat terpantul lewat lidah karena setiap bagian lidah berhubungan dengan organ dalam. Hal yang perlu diperhatikan dalam lidah adalah karakter lidah (warna lidah dan bintik-bintik merah) dan lapisan pada permukaan lidah. Ciri-ciri lidah yang sehat adalah lidah berwarna merah muda dan memiliki bercak putih tipis.

Recomendation