Pandawara Group dan Jehremy Owen (Foto: Instagram.com/padawaragroup)

Pandawara Group dan beberapa anak muda lainnya, memilih untuk mengakhiri tahun 2023 dengan cara yang berbeda. Sekumpulan anak muda ini melakukan pembersihan sampah pada salah satu sungai di Bandung.

Pandawara Group tidak berhenti membuat banyak hal-hal inspirasi. Mereka dan sejumlah anak muda lainnya memilih untuk mengakhiri tahun dengan membersihkan sungai di Bandung, pada Kamis (28/12/2023).

This is our end year party,” ujar Rafly Pasya, salah satu anggota Pandawara Group dikutip dari media sosial Instagram @pandawaragroup, Rabu (10/1).

Dilansir dari media sosial Pandawara Group (@pandawaragroup), sekumpulan anak muda ini memilih untuk turun ke dalam sungai dan membersihkan sungai yang dipenuhi dengan sampah. Mayoritas sampah yang ada di sungai merupakan plastik dan sampah styrofoam.

Menurut pengakuan Rafly, sungai tersebut dipenuhi oleh banyak hewan liar. Gilang yang merupakan salah satu anggota Pandawara Group bahkan mengalami kejadian yang kurang menyenangkan saat proses bersih-bersih sungai, sampai harus mendapatkan penanganan khusus.

Namun, peristiwa ini tidak membuat semangat Pandawara Group pudar dan menghentikan mereka untuk melakukan kegiatan ‘Clean Up’. Sejumlah anak muda ini tidak merasa takut dan terus melakukan pembersihan sampah di sungai tersebut.

“Untuk kalian semua yang di mana pun kalian berada, bilamana kalian melakukan kegiatan clean up harap lebih berhati-hati dan lebih waspada karena kita tidak pernah tahu ancaman apa saja yang akan yang akan datang pada diri kita, pada saat kita melakukan kegiatan tersebut,” kata Rafly.

Rafly mengaku, peristiwa ini menjadi pelajaran bagi mereka. Pandawara Group juga mengimbau kepada para pengikutnya untuk bertindak lebih berhati-hati saat melakukan pembersihan lingkungan agar tidak mendapatkan pengalaman serupa.

Salah satu volunteer yang ikut bergabung membantu Pandawara Group, adalah Jerhemy Owen. Ia merupakan seorang publik figur anak muda yang juga sering menyuarakan isu lingkungan.

Jerhemy Owen memulai kariernya di media sosial TikTok, dengan konten positif yang kerap mengajak para pengikutnya untuk melihat kegiatan dan sistem pengelolaan sampah di Belanda, tempat ia menempuh pendidikan saat ini.

Jerhemy Owen juga sudah beberapa kali mengikuti kegiatan Pandawara Group dalam membersihkan lingkungan dan mengajak para pengikutnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Sebagai informasi, Pandawara Group sebelumnya diundang ke Denmark untuk mempelajari pengelolaan sampah. Di sana mereka belajar untuk mengelola sampah dan berkomitmen untuk menerapkan ilmu tersebut di Indonesia.

 

Penulis: Kerin Chang

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: