Jose Agusto Nerotou. (Foto: YouTube Gasing Academy)

Jose Agusto Nerotou murid kelas VI SD Kristen Kalam Kudus, Jayapura, Papua, menghebohkan warganet karena menjadi dosen untuk mengisi kuliah umum di Universitas Cendrawasih (Uncen), Jayapura.

Jose memberikan kuliah umum dengan materi mengenai kalkulus matematika, di hadapan mahasiswa, guru, dosen, dekan, wakil rektor Uncen, dan kepala dinas pendidikan setempat, pada Rabu (15/5).

Dilihat dari video yang diunggah di YouTube Gasing Academy, Jose sangat tenang saat menjelaskan materi kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Cendrawasih.

“Topik yang akan saya bawakan hari ini adalah kalkulus. Siapa di sini yang sudah pernah mendengar tentang kalkulus?” ujar Jose membuka kuliah umumnya.

Para peserta yang hadir di ruangan tersebut pun memperhatikan penjelasan Jose dengan saksama. Sesekali mereka bertepuk tangan karena kagum dengan penjelasan Jose.

(Jose menjadi dosen di Uncen)

 

Memukau Presiden Jokowi

Bukan kali ini saja Jose membuat banyak orang kagum. Pada tahun 2023 lalu, Jose juga sempat mengesankan Presiden RI Joko Widodo.

Kala itu, Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja di Jayapura dan bertemu dengan 100 murid di kota tersebut.

Jose membuat Jokowi kagum karena dirinya mampu menjawab soal Matematika dengan cepat dan tepat. Melihat kehebatan Jose, Presiden Jokowi pun terkesan dan memberikan sepeda sebagai hadiah.

 

Suka Matematika Sejak Kecil

Melansir dari Kompas.com, Jose mengatakan bahwa dirinya sudah menggemari Matematika sejak kelas II SD. Jose mengaku bahwa ia memiliki cita-cita kelak bisa berwirausaha.

Wali kelas Jose saat itu, Fanny, menjelaskan kalau Jose memang termasuk murid yang cerdas. Di mata Fanny, Jose adalah murid yang mampu menguasai semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Tidak hanya itu, Jose juga mempunyai bakat lain di bidang seni, salah satunya menggambar.

“Anaknya juga rajin, sopan, tekun, dan antusias saat belajar,” kata Fanny dikutip dari Kompas.com, Senin (20/5).

(Jose menjadi dosen di Uncen)

 

Belajar dari Fisikawan

Kemampuan Jose dalam menghitung soal Matematika secara cepat, didapatkan saat dirinya mengikuti kegiatan pembelajaran Matematika melalui metode Gampang, Asyik, Menyenangkan (Gasing).

Kegiatan tersebut ini oleh Profesor Yohanes Surya, fisikawan Indonesia dan Pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI.

Melalui metode pembelajaran gasing ini, anak-anak diajarkan lebih cepat belajar berhitung. Gasing memanfaatkan lagu, latihan logika, otak kiri-kanan, hingga motorik dalam penerapannya.

Fanny menuturkan, Jose mengikuti program Gasing sekitar 2 minggu, pada 13 April-1 Mei 2023. Program tersebut diikuti murid dari beberapa sekolah dan Jose mendapatkan juara 1.

“Itu pencapaian yang luar biasa. Jose bisa mewakili SD Kristen Kalam Kudus Jayapura menjadi yang terbaik dan mengharumkan nama sekolah,” kata Fanny.

(Jose bertemu Elon Musk)

 

Bertemu Elon Musk

Terbaru, Jose mendapat kesempatan bertemu dengan pesohor teknologi CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk.

Jose bertemu dengan Elon Musk di sela kegiatan Forum Air Dunia atau World Water Forum ke-10 di Bali, pada Minggu (19/5).

Tidak sendirian, Jose hadir bersama Felicia Dahayu, pelajar SDN 1 Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Di dalam pertemuan tersebut, Elon Musk sempat memberikan tes kepada dua bocah itu.

“Felicia dan Jose mendapat tantangan dari Elon. Tantangan itu adalah pengerjaan soal integral, salah satunya mereka diminta menghitung turunan volume bola. Jawaban dari dua bocah ini sempat membuat kagum Elon,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam keterangannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: