Bangga, Atlet Panjat Tebing Indonesia Amankan Tiket ke Olimpiade Paris 2024

 

25 Juni 2024
Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah. (Foto: instagram.com/fpti_official)

Atlet speed panjat tebing Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah berhasil meraih medali perunggu dan mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Tiket menuju Olimpiade Paris 2024, didapatkan Veddriq dan Rajiah setelah menunjukkan performa luar biasa di babak 16 besar kualifikasi Olimpiade Paris 2024 seri kedua di Budapest, Hongaria, pada Sabtu (22/6).

Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama bangsa, tetapi juga menjadi bukti ketangguhan dan semangat juang yang luar biasa.

Atlet speed putra Indonesia Veddriq Leonardo menempatkan posisi ke-3 dalam babak final, dengan waktu 5,05 detik saat melawan rekan senegaranya Aspar Jaelolo yang finish dengan waktu 5,61 detik.

Veddruq berhasil mendapatkan medali perunggu, serta mengamankan tempat di Olimpiade Paris dengan total poin 91 (posisi 2 besar).

Sementara itu, Rajiah menempatkan posisi ke-3 dalam babak final, dengan waktu 6,64 detik di nomor speed putri saat melawan Niu Di asal Tiongkok yang hanya finis dengan waktu 6,71 detik.

Melalui hasil tersebut, Rajiah berhasil mendapatkan medali perunggu dan mengamankan tempat di Olimpiade Paris 2024, dengan total poin 86 (posisi 3 besar).

Kesuksesan kedua atlet Indonesia tersebut, semakin memperkuat posisi Indonesia di panggung olahraga internasional.

(Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah)

 

Sistem Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Adapun, sistem yang digunakan di dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024, menggunakan sistem akumulasi poin dengan seri sebelumnya di Shanghai.

Pada kualifikasi di Budapest, hanya ada lima atlet dengan poin tertinggi yang berhak melaju ke Olimpiade.

Kemenangan Rajiah dan Veddriq di posisi ketiga di Budapest, memberikan tambahan poin krusial, sehingga menegaskan posisi mereka di antara atlet panjat tebing speed terbaik di dunia yang berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sebagai informasi, Kiromal Katibin dan Aspar Jaelolo juga menempati posisi dengan jumlah poin terbanyak keempat dan kelima, dengan jumlah poin 72 untuk Katibin dan 71 untuk Aspar.

Meski demikian, jumlah kuota atlet setiap negara di Olimpiade Paris 2024 dibatasi hanya 2 atlet putra dan 2 atlet putri saja yang lolos ke Olimpiade Paris 2024, sehingga keduanya harus diganti dengan dua posisi poin terbesar di bawahnya.

Keberhasilan Rajiah dalam meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 ini, semakin memperkuat tim panjat tebing Indonesia.

Menyusul kesuksesan Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sebelumnya memastikan tiket Olimpiade, melalui Asian Qualifier di Jakarta tahun 2023 dan IFSC World Championships 2023 di Bern, Swiss.

Coach Tim Panjat Tebing Indonesia Hendra Basir menyatakan, “Keberhasilan Veddriq dan Rajiah adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi yang luar biasa. Keduanya telah menunjukkan kualitas dan semangat juang yang tinggi. Kami sangat bangga dan optimis mereka akan memberikan yang terbaik di Paris nanti.”

Rajiah Salsabillah menyampaikan, “Ini adalah momen yang sangat spesial bagi saya. Terima kasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan motivasi. Saya akan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti.”

Di sisi lain, Veddriq Leonardo mengungkapkan rasa syukurnya, “Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan (meraih tiket olimpiade) ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama. Saya akan terus berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti.”

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: