Jago Matematika, Siswi SD Ini akan Wakili Indonesia di Olimpiade Internasional

2 Juli 2024
Sonia Wasalinda Molina. (Foto: Info NTT)

Belum lama ini, sosok Sonia Wasalinda Molina (9) sempat ramai di media sosial karena bisa berhitung dengan sangat cepat dan tepat.

Sonia merupakan siswi kelas 4 SD di Lentera Harapan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Belum lama ini, Sonia menjadi perbincangan hangat di media sosial karena bisa menghitung dengan sangat cepat tanpa bantuan alat apa pun.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial Facebook Info NTT, Sonia terlihat sedang mengerjakan soal yang diberikan gurunya.

Berbeda dari biasanya, sang guru memberikan soal kepada Sonia dengan cara mendiktenya dengan cepat.

Siapa sangka, Sonia ternyata dapat mengerjakan soal dengan cepat dan tepat, bahkan tanpa bantuan alat seperti kalkulator atau kertas.

Hal ini tentunya banyak membuat warganet kagum dan bangga akan kemampuan Sonia, khususnya dalam berhitung cepat.

(Sonia W. Molina. Fotol: Instagram.com/sd_lenterakupang)

 

Sudah Mencetak Banyak Prestasi

Sejak kecil, Sonia memang sudah menyukai mata pelajaran matematika, ilmu pengetahuan alam (IPA), dan menggambar. Tidak heran jika Sonia sudah punya banyak prestasi di bidang tersebut.

Diketahui, Sonia pernah menjadi juara dalam Olimpiade Aritmatika di tahun 2022, Juara II Lomba Hitung Cepat kategori B (flash calculation), Juara Nasional Aritmatika Tingkat Kota Kupang tahun 2023, perwakilan sekolah dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Kupang tahun 2024, dan Juara Nasional Aritmatika Tingkat Provinsi NTT tahun 2024.

Tidak hanya itu, Sonia juga dikabarkan akan mewakili NTT untuk Olimpiade Aritmatika di Australia, pada Juli 2024 ini.

Menuju ajang Olimpiade Aritmatika di Australia, Sonia telah melakukan persiapan dengan sungguh-sungguh.

Setiap hari, sepulang sekolah Sonia menghabiskan waktu berjam-jam untuk latihan dan belajar.

Adapun dalam olimpiade ini, kemampuan perhitungan matematika secara mental akan diuji, dengan tujuan meningkatkan kemampuan konsentrasi, memori, dan kecepatan berpikir.

Termasuk memberi setiap siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang paling sesuai dengan kecenderungan bakat mereka.

Selain itu olimpiade ini menekankan cara belajar untuk fokus secara berkelanjutan, meringkas waktu saat menyelesaikan rentetan soal yang panjang, serta memiliki kemampuan berkonsentrasi pada lebih dari satu tugas pada saat yang bersamaan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: