Bangga, Mojang Bandung Harashta Jadi Miss Supranational 2024 Pertama dari Indonesia

8 Juli 2024
Harashta Haifa Zahra menjadi Miss Supranational 2024. (Foto: Instagram.com/harashtata)

Harashta Haifa Zahra (20) dari Kota Bandung, Jawa Barat, berhasil menjadi juara dalam kontes kecantikan Miss Supranational 2024 di Nowy Sącz, Polandia Kecil, Polandia, Sabtu (6/7).

Prestasi ini, menjadikan Harashta kontestan pertama asal Indonesia yang meraih gelar Miss Supranational 2024, menggantikan Miss Supranational 2023 Andrea Victoria Aguilera Paredes.

Harashta tak kuasa membendung tangisnya, saat menerima mahkota dari Andrea di atas panggung.

Rasanya masih tidak nyata dan saya tidak sabar untuk memenuhi tugas saya sebagai #misssupranational2024 yang baru. Ini akan menjadi tahun yang sangat istimewa dan hati saya dipenuhi dengan kebanggaan. Terima kasih kepada negara saya atas dukungan kalian. #indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!” ujar Harashta disitat dari laman media sosialnya, Senin (8/7).

Presiden Organisasi Miss Supranational Gerhard Parzutka von Lipinski mengumumkan, pemenang kontes ini akan menerima hadiah sebesar USD50.000, atau setara denggan Rp813 juta (asumsi kurs Rp16.267).

Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan hadiah dari para sponsor, serta kesempatan untuk mewakili organisasi di tingkat global, menandai tonggak penting untuk kontes kecantikan bergengsi ini.

(Harashta Haifa Zahra. Foto: Instagram.com/harashtata)

 

Menjadi Mojang Bandung

Harashta lahir di Desa Toblong, Kecamatan Peundeuy, Garut, pada 5 September 2003 dan tumbuh besar di Kota Bandung.

Anak sulung dari dua bersaudara ini, menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 2 Kota Bandung dan lulus pada 2020.

Saat ini, Harashta tercatat tengah menempuh pendidikan tinggi pada jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas Bandung).

Sejak kecil, Harashta sudah menunjukkan minatnya pada seni pertunjukan seperti menari dan menyanyi yang membawanya tampil di hadapan publik hingga saat ini.

Perjalanan Harashta di dunia pageant (kontes), dimulai dari ajang Mojang Jajaka Kota Bandung. Saat itu, ia terpilih menjadi Wakil II sebagai Mojang kota Bandung 2022.

Dua tahun kemudian, Harashta mengikuti kompetisi Puteri Indonesia Jawa Barat 2024 dan terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat dalam kontes kecantikan tingkat nasional Puteri Indonesia 2024. Pada kontes tersebut, Harashta berhasil meraih gelar Putri Indonesia 2024.

(Harashta memenangkan Supra Talent. Foto: Instagram.com/harashtata)

 

Meraih Supranational Talent

Sebelum dinobatkan menjadi juara, Harashta juga berhasil memenangkan Supra Talent di Miss Supranational 2024, atau penghargaan finalis paling berbakat di kontes kecantikan tersebut.

Penghargaan ini, diraih setelah Harashta berhasil memukau penonton dan dewan juri dengan penampilan musik tradisional kecapi. Harashta juga membawakan lagu tradisional Bubuy Bulan dari Jawa Barat, serta tarian khas Jawa Barat dan Bali.

Sebagai informasi, Miss Supranational adalah kontes kecantikan yang didirikan oleh World Beauty Association S.A. yang berbasis di Panama, pada 2009.

Kontes ini bertujuan untuk menampilkan kecantikan, bakat, dan kepribadian wanita dari berbagai negara di seluruh dunia.

Miss Supranational dikenal karena mengedepankan keragaman dan inklusivitas, tanpa memandang tinggi badan atau bentuk tubuh, memungkinkan peserta dari berbagai latar belakang untuk ikut serta.

Tahun ini, sebanyak 71 negara mengirimkan perwakilannya ke ajang Miss Supranational yang berlangsung sejak 17 Juni-6 Juli 2024.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: