Kisah Ibnu Aswan, Anak Penarik Bentor yang Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Nasional 2024

1 Agustus 2024
Ibnu Aswan paskibraka perwakilan Sumatra Utara. (Foto: RRI)

Ibnu Aswan (15) siswa di SMAN 1 Tanjungbalai, Kec. Teluk Nibung, Provinsi Sumatra Utara, lolos seleksi paskibraka tingkat Nasional.

Ibnu terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 mewakili Provinsi Sumatra Utara pada 17 Agustus mendatang.

Setelah melewati proses seleksi yang ketat, mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga Nasional, Ibnu berhasil lolos seleksi mengungguli 153.000 pendaftar menjadi calon paskibraka.

Zulkifli Sihotang, ayah Ibnu Aswan, merupakan seorang penarik becak motor (bentor) di wilayah Si Pori-Pori, Kota Tanjungbalai.

Sementara itu, ibunda Ibnu, Rina Budiati merupakan seorang ibu rumah tangga.

Zulkifli mengatakan, anaknya yang masih duduk di bangku SMA merupakan siswa berprestasi di sekolah dan luar sekolah.

“Saya berharap cita-citanya masuk akademi militer dapat terwujud,” ujar Zulkifli disitat dari SindoNews, Kamis (1/8).

Ketertarikan Ibnu menjadi seorang Paskibraka, berawal dari doa sang ibu yang berharap anaknya mengenakan seragam putih pengibar bendera.

“Jadi saya memang suka Paskibraka dari kecil, karena dulu waktu saya kecil saya sering ikut orang tua saya nonton 17-an di kota sambil naik becak. Terus mama saya pernah bilang gini, ‘Bisa nggak, ya, anak saya pakai seragam itu?’ Mama saya suka sekali lihat seragam putih Paskibraka, soalnya kelihatan gagah,” kata Ibnu disitat dari kanal YouTube GTV.

Ibnu melanjutkan, orang tuanya mendidik dirinya dengan basis keagamaan dan rasa ikhlas.

“Jadi ayah saya itu selalu menanamkan, ‘Apa yang kamu kerjakan, cintai pekerjaanmu dan ikhlaskan hasilnya.’ Jadi kalau misalnya pun tidak rezeki kita, pikiran kita tidak terlalu terbebani,” jelasnya.

(Anggota Paskibraka 2024)

 

Di sisi lain Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanjungbalai, Dedi Ansari, menjelaskan bahwa Ibnu merupakan siswa yang menonjol di antara teman-temannya dan memiliki prestasi yang cukup baik.

Selain ikut dalam kegiatan pembelajaran secara aktif, Ibnu juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Di antaranya seperti pramuka, paskibra, bengkel sastra, sampai rohani islam.

Sebagai informasi, sebanyak 76 orang calon Paskibraka akan menjadi bagian dari sejarah yang akan melakukan pengibaran bendera merah putih, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: