Dukung Pendidikan dan Kesehatan, Tzu Chi Resmikan Preschool dan Klinik di PIK 2

 

3 September 2024
Peresmian Tzu Chi Preschool di PIK 2. (Foto: Tzu Chi Indonesia)

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia baru saja meresmikan dua fasilitas baru, yakni Tzu Chi Ren Wen Preschool dan Tzu Chi Clinic, di Tokyo Riverside Apartment, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, pada Sabtu (31/8).

Peresmian kedua fasilitas ini, merupakan wujud dari komitmen Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam mendukung pendidikan dan kesehatan.

Acara peresmian ini, turut dihadiri oleh jajaran pimpinan Yayasan Buddha Tzu Chi, jajaran board of directors (BOD) Tzu Chi School dan Sekolah Cinta Kasih, relawan Tzu Chi, para guru dan staf sekolah, serta orang tua murid.

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Franky Oesman Widjaja, mengucapkan rasa syukurnya kepada para pengurus, sehingga Tzu Chi Ren Wen Preschool dan Tzu Chi Clinic bisa diresmikan di PIK 2.

“Saya senang sekali bahwa Tzu Chi ini dipercaya dan juga sedikit ada perbedaannya antara Tzu Chi School ini dengan sekolah lain, karena kita sangat harapkan para orang tua ini bisa ikut serta itu namanya DAAI Mama, DAAI Papa itu engage,” ujar Franky.

(Tzu Chi Ren Wen Preschool PIK 2)

 

Mengajarkan Cinta Kasih Sejak Dini

Tzu Chi Ren Wen Preschool, dirancang sebagai tempat yang ideal untuk mendukung perkembangan anak-anak di usia dini, dalam lingkungan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan dan welas asih.

Tzu Chi Ren Wen Preschool dilengkapi 7 ruang kelas, 2 ruang budaya humanis, 1 gym dan playroom, 1 ruang cookery, 1 perpustakaan, dan 1 ruang day care.

Melalui pendekatan pendidikan holistik, Tzu Chi Ren Wen Preschool fokus pada pembentukan karakter yang kuat sejak usia dini. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran, juga menjadi point penting dalam mendukung tumbuh kembang murid.

Direktur Tzu Chi Ren Wen Preschool Freddy Ong menjelaskan, Tzu Chi Ren Wen Preschool menitikberatkan pada jenjang pendidikan TK dan day care.

“Nah, TK dan day care kita seperti biasa. Kalau Tzu Chi titik beratnya budi pekerti dan budaya humanis, itulah mengapa kita menggunakan Tzu Chi Ren Wen Preschool. Nomor satu, kita happy, kita juga bisa membantu masyarakat dengan pendidikan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau,” jelas Freddy.

Salah satu orang tua murid, Viontianes Hendarsin, menyatakan bahwa dirinya melihat nilai-nilai dari sekolah Tzu Chi cukup bagus.

Pasalnya, kata dia, sejak kecil anak-anak sudah diajarkan mengenai cinta kasih dan kepedulian terhadap sesama juga.

“Sebagai orang tua kita bisa memonitor. Jadi tidak sekadar di akhir bulan atau di akhir minggu, tapi setiap prosesnya kita bisa lihat. Bagus, sih, buat saya positif,” kata Viontianes.

Ke depannya, Tzu Chi Ren Wen Preschool akan menjadi sekolah pengumpan (feeder) bagi Tzu Chi School PIK 2 yang peletakan batunya akan dilakukan pada bulan September 2024 nanti.

Semua ini dipersiapkan dengan matang, untuk mewujudkan generasi mendatang yang tak hanya pintar di akademis, tetapi juga memiliki hati penuh cinta kasih dan budi pekerti nan luhur.

(Tzu Chi Clinic PIK 2)

 

Layanan Medis Berbudaya Humanis

Sejalan dengan menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berbudaya humanis, Tzu Chi Clinic juga hadir sebagai fasilitas kesehatan yang akan memberikan layanan medis bagi masyarakat.

Klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis, serta tenaga kesehatan profesional yang siap memberikan perawatan dan konsultasi kesehatan.

Franky menjelaskan, kawasan PIK 2 sudah berkembang semakin pesat, sehingga dibutuhkan klinik yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

“Ibu Liu Su Mei, Pak Sugianto Kusuma yang konsentrasi bahwa masyarakat di sini perlu diperhatikan. Jadi supaya convenience. Pada yang berat lagi, bisa kita antar ke Tzu Chi Hospital yang hanya 20 menit dari sini. Jadi supaya first aid-nya bisa dilakukan di sini,” ungkap Franky.

Melalui Tzu Chi Preschool dan Tzu Chi Clinic, Yayasan Buddha Tzu Chi telah menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Ini merupakan langkah awal dari berbagai inisiatif lain yang akan terus diupayakan, untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: