Tingkatkan Kemampuan Marketing, Marketeers Hadirkan Marketeers Hangout 2024

 

19 September 2024
Marketeers Hangout 2024. Foto: Marketeers

Marketeers Hangout sebagai tempat kumpul orang marketing kreatif, hadir kembali di The Ballroom, Djakarta Theater, Kamis (12/9), dengan tema Marketing vs Everybody.

Dunia marketing pada dasarnya merupakan dunia kreatif. Pasalnya, marketing merupakan aktivitas menggarap pasar yang dinamis, atau senantiasa berubah berkat dorongan teknologi yang terus berkembang.

Namun, kreativitas saja tidak cukup. Untuk itu, Marketeers Hangout hadir untuk mewadahi orang-orang marketing dalam menguasai atau setidaknya memahami cara menyusun strategi pemasaran yang terukur, realistis, sekaligus memiliki dampak lebih besar bagi perusahaan.

Event tahunan Marketeers kedua ini mengangkat pentingnya kolaborasi antara marketing dan elemen lain, seperti finance, sales, dan operation. Orkestrasi solid antarmereka membentuk kekuatan besar bagi performa perusahaan. Sebaliknya, silo-silo di antara mereka justru melemahkannya.

Iwan Setiawan, CEO MarkPlus, Inc. dan Marketeers dalam pembukaannya mengatakan bahwa sering terjadi benturan tujuan (clash of goals) yang memunculkan area konflik antara marketing dan departemen lain.

Orang marketing biasanya mengejar tiga tujuan besar, yakni brand equity, share of voice, dan customer loyalty. Ini pun menimbulkan benturan ketika orang finance mengejar profitability, cost control, dan cash flow.

Sementara itu, orang sales mengejar sales target, lead generation, dan customer relationship. Lalu, orang operations mengedepankan productivity, standardization, dan scalability.

Pricing dan budgeting sering menjadi area konflik di antara marketing dan finance. Solusinya adalah membangun value-based pricing dan zero-based budgeting. Dengan orang sales, area konfliknya terletak di customer insight dan marketing campaign. Oleh karena itu, lebih baik membangun customer persona sekaligus performance marketing. Dengan operations, area konfliknya terjadi di customer experience dan new product. Oleh karena itu, perlu membangun customer experience map, sekaligus cross-functional task force,” ujar Iwan dalam keterangannya, dikutip Kamis (19/9).

(Marketeers Hangout 2024)

 

Hadirkan Kiat Pemasaran Langsung dari Ahlinya

Marketeers Hangout kali ini didukung juga oleh para pembicara yang kompeten di bidangnya. Di antaranya, Vicktor Aritonang selaku President Director SSPACE, Tri Yudha Nurmansyah selaku Direktur Utama PT Patra Logistik, dan Awin Sirait sebagai Marketing Director Mayora Group.

Ada pula Director of Business Planning & Development Pertamina Patra Niaga Harsono Budi Santoso, Norisa Saifuddin sebagai SVP Marketing Communication BCA, Arie Hermawan sebagai Head of Marketing Department Hyundai Motors Indonesia, Hanif Thamrin selaku Partner, Social Commerce Lead GroupM, Karissa Adhyaningrum sebagai Digital Lead UNIQLO Indonesia, serta Rifka Aulia selaku Digital Excellence Manager Deodorant Unilever.

Para pembicara tersebut membagikan strategi dan kiat-kiat pemasaran yang kreatif, sekaligus berdampak. Sebut saja, strategi kampanye pemasaran dengan menggunakan sistem Return on Ad Spend (ROAS).

ROAS dipakai untuk mengukur seberapa berdampak kampanye pemasaran bagi performa perusahaan, seperti mendatangkan penjualan, menambah profit, hingga memperkuat brand awareness.

Tema push and pull marketing juga diangkat di event ini. Di era digital, strategi pull and push marketing bisa dilakukan dengan lebih kreatif dan terukur.

Pull marketing umumnya dilakukan untuk menarik konsumen, dengan cara membuat konten marketing atau aktivasi yang mendorong konsumen datang ke merek. Sementara itu, push marketing lebih menekankan upaya call to action agar konsumen membeli produk yang ditawarkan.

(Keseruan Marketeers Hangout 2024)

 

Selain itu, growth marketing strategy juga diangkat dengan menekankan pentingnya aktivitas marketing yang ujungnya mampu mendukung pertumbuhan perusahaan.

Tidak lupa, bahwa pada akhirnya semua hal tentang marketing akan bicara pelanggan. Oleh karena itu, penting merek membangun customer intimacy di setiap titik perjalanan pelanggan.

Seperti biasanya, keseluruhan acara Marketeers Hangout dibalut dengan aksi teatrikal dengan jalinan cerita utuh dari sesi pagi hingga sesi pamungkas di sore hari.

Marketeers Hangout menjadi the first theatrical marketing conference di Indonesia. Aksi teatrikal kali ini dimainkan oleh tim pantomim Rujak, tim stand-up Kelakar Indonesia, dan musik dari Dominion Records.

Event ini dihadiri oleh 900-an orang dari berbagai industri, serta didukung oleh lebih dari 50 partner. Di event ini, Marketeers juga menggelar Marketeers Editor’s Choice Award 2024, sebagai penghargaan kepada merek-merek yang selama setahun terakhir melakukan strategi marketing yang kreatif sekaligus inovatif.

Tahun ini penghargaan ini mencapai rekor dengan diikuti oleh 73 submission. Dari jumlah tersebut, ada 66 pemenang sebagai merek kreatif dan inovatif tahun 2024.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: