Viral di Indonesia, Apa Itu Boneka Labubu dan Berapa Harganya?

19 September 2024
Karakter labubu. (Foto: Instagram.com/popmartid)

Belakangan ini, popularitas boneka monster bernama labubu semakin melejit di kalangan anak muda di Indonesia. Apa alasannya?

Menyitat dari Lifestyle Asia, labubu adalah karakter peri berperawakan seperti monster, dengan ciri khas telinga panjang dan runcing, sembilan gigi bergerigi, senyum nakal, dan perawakan kecil.

Labubu adalah bagian dari sekelompok makhluk yang disebut The Monsters, yakni karakter yang terinspirasi dari dongeng Nordik atau bangsa Viking dan Masyarakat Skandinavia kuno.

The Monsters adalah sekumpulan karakter antagonis dan protagonis yang terdiri atas Zimomo, Tycoo, Spooky, dan Labubu.

Karakter The Monsters ini, ditampilkan dalam sejumlah barang yang diproduksi oleh Pop Mart, sebuah perusahaan mainan asal Tiongkok.

Labubu sendiri diciptakan oleh seniman asal Belgia bernama Kasing Lung yang terinspirasi oleh dongeng-dongeng Eropa.

Kasing Lung menciptakan labubu bersama dengan monster lainnya, pertama kalinya di tahun 2015 sebagai karakter dalam buku anak-anak.

Dalam ceritanya, Labubu digambarkan sebagai karakter baik hati yang selalu ingin membantu, tetapi tidak sengaja melakukan kenakalan secara terus-menerus.

Meskipun sudah ada sejak tahun 2015, tetapi di tahun 2019 Lung baru membuat perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart. Akhirnya karakter The Monsters yang dituangkan dalam buku cerita dibuat menjadi mainan.

(Karakter Labubu. Foto: Pop Mart Indonesia)

 

Berapa Harga Boneka Labubu?

Popularitas labubu di Indonesia bukan tanpa sebab. Pada April 2024 lalu, idol Korea Selatan Lisa yang tergabung dalam grup BLACKPINK membagikan video di Instagram story-nya sedang memeluk dan memegang boneka labubu.

Berkat unggahan Lisa inilah boneka labubu menjadi kian populer dan banyak dicari oleh kalangan muda di Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, boneka Labubu ternyata juga tengah menjadi tren di berbagai wilayah Asia lainnya, seperti Jepang, Hong Kong, dan Vietnam.

Menariknya, tidak sedikit anak muda yang rela antre berjam-jam demi bisa mendapatkan boneka labubu di toko mainan. Tidak hanya anak muda, pemerintah setempat di Thailand bahkan memberikan peringatan agar pembeli boneka labubu senantiasa berhati-hati terhadap adanya penipuan.

Di Indonesia sendiri, boneka labubu dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp179.000 sampai Rp2 jutaan tergantung ukuran dan jenisnya. Namun, harga untuk koleksi terbatasnya bisa mencapai Rp4,5 juta.

Boneka labubu bisa dibeli secara langsung di situs web resmi Pop Mart Indonesia, atau dibeli langsung di gerai Pop Mart yang berada di Gandaria City Mall.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: