Ukir Prestasi Internasional, Tim Indonesia Raih 3 Medali dan Penghargaan pada WSC 2024

25 September 2024
Tim Indonesia di WSC 2024. (Foto: Puspresnas)

Tim Indonesia sukses mengharumkan nama bangsa setelah meraih 3 medali dan 2 Medallion for Excellence pada ajang WorldSkills Competition (WSC) ke-47 tahun 2024.

Perolehan 2 medali emas, 1 medali perak, dan 2 Medallion for Excellence menempatkan Indonesia di posisi ke-11 dari 46 negara pada ajang yang berlangsung di Lyon, Prancis, pada 10-15 September 2024.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tatang Muttaqin, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada delegasi Indonesia yang membawa pulang prestasi membanggakan di WSC 2024.

“Selamat kepada Tim Indonesia yang berhasil merebut 2 medali emas, 1 medali perak, dan 2 Medallion for Excellence di WSC. Perolehan ini sungguh luar biasa karena talenta-talenta Indonesia dapat membuktikan keterampilannya di panggung dunia WSC,” ujar Tatang disitat dari situs web Puspresnas, Rabu (25/9).

(Plt. Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Tatang Muttaqin mengapresiasi Favian Ahza Putra Sobar peraih Medali Emas WSC )

 

Daftar Pemenang WSC 2024

Pada WSC 2024, medali emas berhasil diraih oleh Favian Ahza Putra Sobar (mahasiswa Universitas Komputer Indonesia Bandung) pada bidang IT Network Systems Administration. Selain itu, Favian juga memperoleh penghargaan The Best of Nation Awards.

Lalu, medali emas lainnya diperoleh Cahyo Dwi Prayogo (PT Kereta Api Indonesia) dan Mohammad As’ari (PT Kereta Commuter Indonesia) pada bidang Rail Vehicle Technology.

Kemudian, medali perak diraih oleh Fikhi Akmal (mahasiswa Politeknik Negeri Bandung) pada bidang Electronics.

Selanjutnya, untuk penghargaan Medal for Excellence diraih oleh Reho Kurnia (PT Denso Indonesia) pada bidang Industrial Control, serta Denny Syahrul Arfiansyah dan Ahmad Yogi Fernanda pada bidang Autonomous Mobile Robotic.

 

Pemenang Mendapat Pengalaman Tak Terlupakan

Peraih medali emas WSC bidang IT Network Systems Administration, Favian Ahza Putra Sobar, mengungkapkan bahwa berkat doa, upaya, dan ketekunannya, ia dapat memperoleh hasil yang maksimal di WSC kali ini.

“Sebagai kompetitor setiap harinya saya mendapatkan soal yang menantang. Alhamdulillah, saya diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal. Perasaannya sangat lega karena butuh perjuangan yang panjang dan ini menjadi impian saya sejak meraih medali di Lomba Kompetensi Siswa Nasional,” jelas Favian.

Favian juga bercerita bahwa dirinya harus bersaing dengan negara-negara kuat di bidang IT Network Systems Administration seperti Korea Selatan, Taiwan, Tiongkok, dan Jepang.

“Di bidang ini saya bersaing dengan 26 negara dan top 5 berasal dari negara Asia. Namun, akhirnya saya bisa meraih prestasi tertinggi dengan raihan medali emas,” katanya.

Berbagi pengalamannya, peraih medali perak WSC bidang Electronics, Fikhi Akmal, mengaku kompetisi berlangsung sangat ketat.

“Saya bersaing dengan kompetitor negara lain seperti Tiongkok, Swiss, Korea Selatan, dan Taiwan yang sangat kuat. Kompetisi berjalan dengan cukup melelahkan dan menegangkan karena saya bersaing dengan orang-orang terbaik dari seluruh dunia di bidang Electronics. Ini juga menjadi pelajaran bahwa kita harus memahami banyak sektor dari electronics dan harus memahami hardware, software, dan cara troubleshooting,” lanjut Fikhi.

Pada WSC 2024, Indonesia mengikuti 11 bidang lomba kejuruan yang terdiri atas bidang IT Network Systems Administration; Electronics; Refrigeration & Air Conditioning; Industrial Control; Restaurant Service; Autonomous Mobile Robotics; Hairdressing; Mechatronics; Industry 4.0; Heavy Vehicle Technology; dan Rail Vehicle Technology.

Indonesia juga mengirimkan 11 expert, 15 kompetitor, dan didampingi oleh technical delegate, technical delegates assistants, official delegate, serta member observer dari lingkungan Kemendikbudristek. Adapun untuk bidang Rail Vehicle Technology didukung penuh oleh PT Kereta Api Indonesia.

Sebagai informasi, Indonesia telah menjadi bagian dari WorldSkills Competition sejak tahun 2005. Pada perhelatan WSC 2024, tim Indonesia mengirimkan sebanyak 34 delegasi yang terdiri atas 15 kompetitor, 11 expert, 1 Technical Delegate, 2 Technical Delegate Assistant, 1 Official Delegate, dan 4 Member Observer. Secara resmi, WSC ke-48 tahun 2026 mendatang akan diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: