Bangga, Wakil Indonesia Permata Juliastrid Jadi Pemenang Perdana Miss Cosmo 2024

7 Oktober 2024
Ni Ketut Permata Juliastrid Sari. (Foto: Instagram.com/tatajuliastrid)

Puteri Indonesia Pariwisata 2024 Ni Ketut Permata Juliastrid Sari (21), berhasil menjadi juara Miss Cosmo 2024 yang digelar di Saigon Riverside Park, Ho Chi Minh, Vietnam, Sabtu (5/10).

Permata atau yang akrab disapa Tata, dinobatkan menjadi pemenang dalam kontes kecantikan internasional yang perdana digelar ini.

Meski demikian, antusiasme para pendukung sangat luar biasa dalam menyaksikan ajang pemilihan Miss Cosmo 2024.

Pada ajang yang berlangsung selama 14 September-5 Oktober 2024 ini, Tata berhasil bersaing dengan 57 kontestan lainnya dari berbagai negara.

Selamat kepada Miss Cosmo 2024 yang Pertama. Ketut Permata Juliastrid,” dikutip dari Instagram @misscosmointernational, Senin (7/10).

Miss Cosmo adalah kontes kecantikan internasional yang diadakan Miss Cosmo Organization berbasis di Vietnam. Kontes ini didedikasikan untuk kecantikan, pendidikan, dan komunitas yang berfokus pada kiprah perempuan.

Miss Cosmo bertujuan meningkatkan peran perempuan melalui tujuan, rencana, dan tindakan yang nyata. Melalui ajang ini, perempuan didorong menyuarakan pendapat, mengambil tindakan, dan memberdayakan kekuatan dan kemampuan mereka.

(Tata Juliastrid)

 

Profil Tata Juliastrid

Tata Juliastrid lahir pada 12 Juli 2003 di Denpasar, Bali. Ia merupakan anak keempat dari pasangan I Ketut Tawan dan Dwi Astuti Tawan.

Tata mengenyam pendidikan di Program Studi Manajemen di Universitas Udayana pada tahun 2021. Kemudian, Tata mempelajari desain mode di Institut Desain dan Bisnis Bali sejak 2022.

Kiprahnya dalam kontes kecantikan, berawal dari ajangh Puteri Indonesia Bali 2024, pada Januari lalu. Dalam ajang tersebut, Tata berhasil menyisihkan Ni Made Ayu Krisna Dewi sebagai runner-up 1 dan Zasa Zefanya sebagai runner-up 2.

Kemudian, Tata mewakili Bali dalam ajang nasional Puteri Indonesia 2024 dan mendapatkan juara II sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2024.

Melalui titel tersebut, Tata memperjuangkan pelestarian budaya dan alam di Bali. Tata kemudian menjadi aktivis yang menyerukan praktik pariwisata dengan melestarikan alam, serta budaya Bali.

Sebagai pemegang gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2024, Tata berkesempatan mewakili Indonesia dalam Miss Cosmo 2024. Tata memulai masa karantina kontes kecantikan ini pada 12 September silam dengan rangkaian aktivitas yang diadakan di tujuh kota tujuan wisata: Hanoi, Ninh Binh, Bao Loc, Da Lat, Quy Nhon, Long An, dan Ho Chi Minh.

Untuk mempersiapkan diri dalam kontes tersebut, Tata mendapatkan pelatihan catwalk, stage performance, serta public speaking. Dia juga mempersembahkan unjuk bakat menyanyi, bermain biola, dan menari.

Saat unjuk bakat, Tata mengenakan kostum nasional karya desainer Inggi Kendran bertajuk “The Endless Stream of Saraswati Goddess.” Busana itu terinspirasi sosok Dewi Saraswati sebagai “Jñāna Pravāha” yang diibaratkan sebagai sungai yang mengalir dengan lembut.

Tata mengaku merasa sangat terhormat dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Cosmo 2024.

“Sejuta terima kasih pun tak dapat mengungkapkan bagaimana perasaan saya. Saya tidak akan membuat kalian bosan dengan ucapan terima kasih panjang yang akan saya katakan kepada ketua tim saya malam ini,” kata Tata dalam pidato kemenangannya.

(Tata Juliastrid menjadi juara Miss Cosmo 2024)

 

Apa Saja Hadiahnya?

Miss Cosmo Organization (MCO) telah menyiapkan hadiah fantastis bagi pemenang ajang Miss Cosmo 2024.

Sebagai pemenang, Tata Juliastrid berhak menyimpan mahkota Miss Cosmo 2024 selama setahun, sebelum diberikan kepada pemenang berikutnya.

Kemudian, Tata mendapatkan uang tunai sebesar USD 100.000 atau setara dengan Rp1,5 miliar (asumsi kurs Rp15.674).

Tidak hanya uang tunai, Tata juga menerima hadiah ponsel mewah Vertu Ironflip Jade Black Calf Bes Fee, seharga Rp22 juta.

Selanjutnya, Tata berhak mendapatkan hadiah berupa satu set perhiasan berlian dari Ngọc Châu Âu.

Sejumlah fasilitas mewah lainnya yang juga diberikan kepada Tata, adalah paket perawatan kesehatan VIP di Rumah Sakit FV selama satu tahun, pakaian, mobil, akomodasi di resor berstandar internasional dan lapangan golf, serta hadiah berharga dan layanan premium lainnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: